Nama:
Email:
Waralaba    :   

Pin BB             : 276AA736

Contact Center : 031 -70001818

Jenis-Jenis Waralaba

10 JAN
Jenis-Jenis Waralaba Posted by mmionline team pada 2013-01-10

Jenis-Jenis Waralaba Memiliki usaha sendiri adalah impian semua orang, apalagi jika usaha yang kita jalankan berjalan dengan sukses. Waralaba merupakan bisnis yang hakikatnya seperti rantai, satu dengan yang lain saling berhubungan erat dan memiliki kesamaan dalam aspek-aspek tertentu. Waralaba juga dijual oleh pemiliknya (pewaralaba/ franchisor) pada orang lain (terwaralaba/franchisee). Terwaralaba bisa berupa seseorang yang ingin menjalankan usaha atau sebuah perusahaan yang hendak mengoperasikan waralaba tertentu.

Secara umum, jenis bisnis waralaba dibagi atas 2 (dua), yaitu waralaba dari luar negeri dan waralaba dalam negeri. Waralaba luar negeri lebih disukai karena sistemnya lebih jelas dan sudah pasti diterima di dunia dibandingkan dengan usaha waralaba dalam negeri. Walaupun waralaba luar negeri dirasakan lebih bergengsi, namun pasar waralaba Indonesia juga sudah mulai banyak dilirik dan berkembang dengan pesat dan bersaing sehingga tidak kalah menarik untuk dijadikan salah satu pilihan investasi bagi yang ingin menjadi pengusaha.

Berikut Jenis-jenis waralaba :

1. Waralaba Produk

Produsen menggunakan waralaba produk untuk mengatur bagaimana distributor atau pengecer mendistribusikan produk mereka. Pabrikan memberikan franchisee (penerima waralaba) wewenang untuk mendistribusikan barang-barang oleh produsen dan memungkinkan pemilik untuk menggunakan nama dan merek dagang yang dimiliki oleh produsen. Franchisee harus membayar biaya atau membeli persediaan minimum saham dengan imbalan hak-hak.

2. Waralaba Format Bisnis

Ini adalah bentuk yang paling populer dari waralaba. Dalam pendekatan ini, perusahaan menyediakan franchisee dengan metode yang telah terbukti untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan nama dan merek dagang perusahaan. Perusahaan biasanya akan memberikan sejumlah besar bantuan kepada pemilik usaha dalam memulai dan mengelola bisnis. Franchisee membayar biaya (fee) atau royalti sebagai imbalan.

3. Waralaba Pabrik

Jenis waralaba yang menyediakan sebuah organisasi dengan hak untuk memproduksi produk dan menjualnya kepada publik, dengan menggunakan nama franchisor dan merek. Jenis franchise yang paling sering dalam industri makanan dan minuman, tetapi dapat diterapkan ke industri lain.

4.  Waralaba Manajemen

Ini adalah bentuk perjanjian layanan dimana franchisee menyediakan keahlian manajemen, format dan / atau prosedur untuk melakukan bisnis. Jenis-Jenis Waralaba